Jumat, 19 Januari 2018

LEAKY GUT

Penyakit apakah Leaky Gut itu?
Leaky Gut Syndrome atau kebocoran pada usus adalah kondisi dimana dinding usus mengalami hiperpermeabilitas, ketika dinding usus kehilangan kemampuan dalam memilah zat bermanfaat atau racun yang akan diserap oleh tubuh. Normalnya, dinding usus memiliki kemampuan menyerap hanya zat yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, pada penderita Leaky Gut, racun dan sampah juga ikut terserap oleh usus halus. Singkatnya, usus halus menjadi terlalu ‘berpori’ dan ukurannya besar, sehingga semua zat bisa merembes ke dinding usus halus tanpa bisa diseleksi.
Apa yang tanda seseorang menderita Leaky Gut Syndrome?
Jika seseorang memiliki sensitivitas terhadap makanan dan jenisnya mencapai lebih dari selusin, kemungkinan ia menderita Leaky Gut Syndrome. Ketika usus terluka, maka makanan yang masuk akan sangat mungkin menjadi tak tercerna dengan baik, akibatnya terjadilah intoleransi terhadap makanan. Masalah utamanya bukanlah pada makanan, namun semata-mata karena sistem pencernaan yang lemah dan pencernaan yang sedang bermasalah.
Apakah yang akan terjadi jika seseorang menderita Leaky Gut Syndrome?
Peradangan parah! Saat usus halus kehilangan kemampuan dalam hal memilah zat bermanfaat dan sampah, maka bukan hanya sampah dan racun saja yang terserap, bakteri dan virus pun ikut terserap. Ini akan memancing reaksi sistem imun dan membuat ‘tekanan’ pada sistem imun, oleh karena area yang terinfeksi akan semakin luas dan membuat kerja sistem imun menjadi lebih keras. Mulai dari menutupi area yang bocor, membunuh bakteri dan virus, membersihkan darah dari kuman, hingga meredakan peradangan.
Adakah gejala lain yang disebabkan oleh Leaky Gut Syndrome?
Penderita Leaky Gut Syndrome biasanya merasakan keletihan dan sering merasa kehabisan energi. Gejala lain yang seringkali menyertai adalah agresi, kecemasan, asma, reaksi inderawi yang tidak lazim, mengompol, infeksi saluran empedu, perut kembung atau bergas, rasa nyeri kronis pada persendian, nyeri otot dan perut, kebingungan, diare atau sembelit, kelelahan, demam yang tidak jelas sebabnya, kelambatan dalam berpikir, masalah pencernaan, gangguan ingatan, migrain, perubahan mood yang tiba-tiba, kegugupan, mudah lelah saat berolahraga, kekebalan tubuh yang rendah, dan ruam pada kulit.

https://www.facebook.com/menuk.kiki/posts/10208585363785162

Tidak ada komentar:

Posting Komentar