Jumat, 25 Agustus 2017

IMUNISASI SYARIAT by Dr.Muhammad Arifin Badri (resensi bebas emak2)

Bismillahirrahmaanirrahiim
Tidak ada satu makhluq Allah yg tidak pernah merasakan sakit. Semua pernah merasakannya, mulai dari bayi hingga orang yg sudah renta. Sebagai manusia biasa, rasa sakit tentulah kondisi yg tidak nyaman. Apalagi bagi orangtua yg anak tercintanya sakit. Maka beragam cara diupayakan utk mencari kesembuhan bagi anaknya. Tak cukup di situ, upaya pencegahan pun dilakukan agar anak terhindar dari sakit. Adakah yg salah dg ini?
Tidak ada yg salah dg mencegah penyakit. Bahkan mencegah sakit hukumnya diperbolehkan dalam agama. Tapi adakah batasan dalam melakukan pencegahan?
Sebelum ke tahap itu, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu ttg penyebab munculnya penyakit. Yang umum diketahui, penyakit itu timbul dr kuman, virus, bakteri yg menyerang tubuh. Apakah itu saja? Ternyata tidak. Ada penyebab lain yg membuat datangnya penyakit. Hal itu dpt anda ketahui di buku ini. Penyebab sakit yg seringkali kita abaikan dan tdk kita waspadai sebab kemunculannya. Entah dianggap sepele atau tidak masuk akal. Padahal penyebab itu ada dalam hadits-hadits yg shahih. Dalilnya terang benderang, tegas dan jelas. Mudah dihindari namun butuh iman yg teguh terutama di zaman penuh fitnah (kekacauan) ini.
Tak hanya membahas pencegahan secara syariat, buku ini juga menyertakan metode-metode penyembuhan yg diajarkan Islam. You name it: madu, kurma, bekam, nutrisi halal thoyyib, doa dan dzikir ruqyah. Semua dibahas dan mencerahkan.
Satu hal sensitif yg ramai dibicarakan di masyarakat umum, yaitu vaksinasi, juga disebutkan dalam buku ini. Walau dalam bab ttg vaksin penulisnya menyebutkan bahwa hukum vaksin adalah mubah sesuai fatwa ulama Saudi, namun di bab pendahuluan penulisnya punya pandangan tersirat ttg vaksin. Beliau menulis: "Coba anda sejenak menengok ke masyarakat di sekitar anda, amatilah berbagai penyakit dan derita yg menimpa mereka. Atau barangkali anda berkesempatan utk mengunjungi rumah sakit terdekat. Berapa banyak jenis penyakit dan derita yg menimpa mereka? Bisakah suntikan imunisasi yg telah anda dapatkan menanggulangi seluruh penyakit yg anda temukan?" halaman 4
Buku ini saya rekomendasikan utk dijadikan koleksi bagi teman-teman muslim semua. Ayo kembali ke tuntunan agama kita. Semua sudah diatur, semua sudah diajarkan. Tidak ada yg tertinggal. Agama ini sudah sempurna mengajarkan apa yg perlu diajarkan, menuntunkan batasan yg harus dipatuhi. Buku ini tidak dalam rangka mempertentangkan agama dg teknologi modern tp lebih pada mengajak pembaca merenungi kembali jalan hidupnya dlm hal menjaga kesehatan utk kembali bersumberkan syariat. Bahwa sakit itu datangnya dari Allah, maka gunakan cara-cara yg tdk bertentangan dg syariatNya. Sungguh agama ini sangat kaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar