Jumat, 25 Agustus 2017

PENSIEVE

15 Oktober 2009

Para penggemar harry potter pasti tau pensieve.Semacam wadah berisi cairan berkilau untuk menyimpan memori yg diambil dari kepala kita seperti seutas benang bersinar.Aq pengin punya pensieve. Sama seperti ucapan Dumbledore,kalo pikiran serasa sudah penuh,tinggal menarik benang2 memori dan menyimpannya di pensieve.Sehingga kepala terasa lebih ringan.Ah,enaknya...
Tapi mo berkhayal n mengharap sampai kapan pun, gak bakal ada yg namanya pensieve itu. Mungkin di dunia harry potter,manusianya ga sekuat kita para muggle ya.Ternyata kita yg ga punya kemampuan sihir macam harry potter (di mana Draco selalu membanggakan pure blood-nya) justru punya kemampuan non sihir yg ga kecil.Kita ga bisa meremehkan otak kita dalam menyimpan memori. Sejak masih bayi hingga kini pun memori itu masih ada,dan akan terus bertambah.Segala macam memori ada di situ; senang,sedih, bahagia, bangga, marah, sakit hati, dendam,semua tersimpan dengan rapinya.Subhanalloh ciptaan Allah yg satu ini.
Namun meski kemampuan atau daya simpan memori ini miliaran giga,tp tetap sebagai manusia biasa punya kelemahan dalam menampung memori itu.Orang2 akan bilang,"Kepala saya sudah penuh.Pusing,banyak pikiran"dsb.Alangkah enaknya bisa mengistirahatkan sejenak pikiran supaya bisa lebih fresh dan fokus lagi ke kehidupan,terutama fokus kepada orang2 tercinta di sekeliling kita.
Ya,beberapa terakhir ini aq berandai-andai memiliki sebuah pensieve.Sebuah angan kosong yg ga ada gunanya sih sebetulnya,hehehe..tp mungkin mewakili banyak orang.Pikiran sudah jenuh atas rutinitas sehari-hari dan butuh penghiburan. Mo rekreasi tp koq ga ada waktu.Ah,tambah bingung.
Kalo sudah gitu,akhirnya lebih memilih memasuki masa2 blue,masa2 'low self esteem',dan moment itu sebenarnya bisa dinikmati loh.Pasang aja earphone,lalu connect ke radio di hp ato ipod (kalo aq sih di hp denger radio ya) trus cari lagu2 melow n sibuk berurai air mata.Moment itu bisa menyenangkan juga. Tapi juga harus bisa kontrol diri.Jangan lama2 terbang melayang-layang di atas bumi.Harus kembali ke bumi secepatnya.Kembali ke rutinitas yg kita tinggalkan sejenak.

Memori,ada rahasia apa ya di balik ciptaan Allah yg satu itu?Kenapa ada memori yg bisa dilupakan dan ada yg tidak?Kenapa juga Allah menciptakan 'lupa' dan 'ingat'?
Aq sering lupa.Kelamaan buka fb jd lupa jemput sekolah.Kelamaan nonton termehek-mehek jd gosong makanan di kompor.Lupa sering kali dianggap sebagai sesuatu yg negatif ya.Tapi ada hikmah yg dalam terhadap rasa 'lupa' ini yg mungkin 'lupa' kita renungkan. Kalo Allah ga kasih kita 'lupa',segala kesedihan yg kita rasakan akan kita ingaaat terus.Duka akan kehilangan orang terkasih akan ingaaaat terus. Manusia ga akan bisa bangkit dari kesedihan dan kedukaan yg mendalam. Maka dari itu,adanya rasa 'lupa' ternyata patut disyukuri juga keberadaannya ya. Tidak ada ciptaan Allah yg tersia2sia.Namun manusialah yg menyia-nyiakannya.
Butuh waktu memang untuk 'lupa' terhadap sesuatu yg pahit dalam hidup kita.Tapi survival insting manusia (satu lagi pemberian Allah) akan membuat kita kuat melewati masa2 kelam.Tak ada yg tahu memang;kapan n bagaimana kita bisa 'melupakan' tapi yakin saja saat itu akan tiba (hmmm...try to convince my self actually). But never give up fighting,on my own,with the help from Allah the Almighty,I'm sure I'll be just fine. We can not always count on human coz human is mortal.But we can always count on Allah coz He never let us down.Eventually.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar